A. DESKRIPSI SINGKAT
Mata kuliah ini membahas tentang pengembangan kurikulum PAI dan silabus serta rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI.
B. KOMPETENSI
Mendeskripsikan pengembangan kurikulum dan membuat silabus serta RPP PAI
C. INDIKATOR
1. Menjelaskan Pengertian Kurikulum
2. Menjelaskan Konsep Kurikulum dalam Pendidikan
3. Menjelaskan Peranan dan Fungsi Kurikulum
4. Menjelaskan Proses Pengembangan Kurikulum PAI
5. Menjelaskan Pendekatan dalam Pengembangan Kurikulum PAI
6. Menjelaskan Perubahan Kurikulum PAI
7. Menjelaskan Prinsip dan Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Kurikulum
8. Menjelaskan Pendidik dan Pengembangan Kurikulum
9. Menjelaskan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
10. Menjelaskan Sillabus dalam kurikulum
11. Menjelaskan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam Kurikulum
12. Menjelaskan Materi dan Pengembangan Kurikulum PAI
13. Membuat Silabus dan RPP
D. MATERI
PERTEMUAN KE- |
TOPIK |
KETERANGAN |
1 |
Pengantar Mata Kuliah |
|
2 |
Pengertian Kurikulum |
S. Nasution. 1988. Asas-asas kurikulum. Bandung: Jemmars, h. 7-17 dan Oemar Malik. 1990 Pengembangan kurikulum. Bandung: Mandar Maju, h. 4-7. Ornstein, Allan C. Francis P. Hunkins. 1988. Curriculum: foundation, principles and issues. New Jersey: Prentice Hall Englewood Cliffs, h. 6-12 |
3 |
Konsep Kurikulum dalam Pendidikan |
Nana Syaodih Sukmadinata. 1997. Pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, h. 1-16, Zais, Robert S. 1976. Curriculum: principle and foundation. London: Harper & Row, Publishers. H. 6-11 |
4 |
Peranan dan Fungsi Kurikulum |
Oemar Malik. 1990 Pengembangan kurikulum. Bandung: Mandar Maju, h. 4-12 |
5 |
Proses Pengembangan Kurikulum |
S. Nasution.1989. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bina Aksara, h. 8-13 |
6 |
Pendekatan dalam Pengembangan Kurikulum |
S. Nasution.1989. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bina Aksara, h. 43-55 |
7 |
Perubahan Kurikulum |
S. Nasution, Asas-asas kurikulum. Bandung: Jemmars, h. 218-246 |
8 |
Prinsip dan Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Kurikulum |
Nana Syaodih Sukmadinata. 1997. Pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, h. 150-171 |
9 |
Mid Semester |
|
10 |
Pendidik dan Pengembangan Kurikulum |
Nana Syaodih Sukmadinata. 1997. Pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, h. 191-214 |
11 |
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) |
E. Mulyasa. 2006. Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Dan Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2006. Jakarta: BSNP.
|
12 |
Silabus dalam kurikulum |
Panduan Pengembangan Silabus PAI. 2006. Jakarta: Diknas. |
13 |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam Kurikulum |
Panduan Pengembangan Silabus PAI. 2006. Jakarta: Diknas. |
14 |
Materi dan Kurikulum PAI |
Supiana. dan M. Karman. 2001. Materi pendidikan agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya. |
15 |
Praktek Pembuatan Silabus dan RPP |
|
16 |
Praktek Pembuatan Silabus dan RPP |
|
17 |
Praktek Pembuatan Silabus dan RPP |
|
E. PENILAIAN
Untuk menentukan kelulusan mahasiswa dalam mengikuti kuliah Pengembangan Kurikulum PAI ini, perlu dilakukan evaluasi secara periodik. Evaluasi ini wajib diikuti oleh setiap mahasiswa. Jenis evaluasi dan sebaran persentase untuk setiap jenis evaluasi tersebut adalah sebagai berikut.
1. Nilai Harian (Tugas/Pekerjaan Rumah/Latihan Harian) : 20 %
2. Ujian Tengah Program : 30 %
3. Ujian Akhir Program : 50 %
_________________ +
Jumlah : 100%
Nilai Harian (Tugas di kelas, PR) : Mahasiswa mengerjakan tugas yang dibebankan, dalam bentuk pembuatan makalah secara berkelompok maupun perorangan. Setiap Tugas/PR akan mendapatkan nilai dengan skala 0 – 100.
Tes Tengah Semester
Tes Tengah Semester adalah tes yang dilaksanakan berdasarkan jadwal yang tertera dalam silabi. Materi tes ini terdiri atas pelajaran 1 sampai dengan pelajaran sebelum minggu review pada tengah program. Bentuk soal campuran. Sifat tes tengah program ini ialah buku tertutup.
Ujian Akhir Semester
Ujian Akhir Semester adalah tes yang dilaksanakan berdasarkan jadwal yang tertera dalam silabi. Materi tes ini terdiri atas pelajaran yang diberikan sesudah tes tengah program sampai dengan pelajaran sebelum minggu review pada akhir program. Bentuk soal campuran. Sifat tes akhir program ini ialah buku tertutup/terbuka.
F. MEDIA
1. Laptop
2. LCD
3. Internet
G. REFERENSI
Tyler. Ralp W. 1949. Basic principles of curriculum and instruction. Chicago: The University of Chicago.
Zais, Robert S. 1976. Curriculum: principle and foundation. London: Harper & Row, Publishers.
Ornstein, Allan C. dan Francis P. Hunkins. 1988. Curriculum: foundation, principles and issues. New Jersey: Prentice Hall Englewood Cliffs.
S. Nasution. 1988. Asas-asas kurikulum. 1988. Bandung: Jemmars
S. Nasution.1989. Kurikulum dan pengajaran. Jakarta: Bina Aksara.
Oemar Malik. 1990 Pengembangan kurikulum. Bandung: Mandar Maju.
Nana Syaodih Sukmadinata. 1997. Pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2006. Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Panduan Pengembangan Silabus PAI. 2006. Jakarta: Diknas.
Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2006. Jakarta: BSNP.
Supiana. M. Karman. 2001. Materi pendidikan agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
Dan buku-buku lain yang relevan
Padang, Maret 2008
Dosen Pembina,
Aprianto
Filed under: Pendidikan | Tagged: Silabus |
mas mo nanya dong….
saya bingung nyari artikel tentang pengembangan kurikulum PAI, siapa tau mas bisa bantu
tar klo bisa kirimin ke email saya mas yah….
02547213007
Saya coba.. yaaaa…..
tapi ini siapa ya…..
Trims
harapannya sii , pengen dapat ide – ide segar dari anda tentang pembuatan kurikulum , disaat saya yang sedang disibukan dengan tugas tesis yang bertemakan pembuatan kurikulum untuk membuat pasukan yg brtugas menyelamatkan laut dari polusi, kecelakaan , kecurangan aturan , kemunafikan aparat – aparat selama ini .
untuk hal ini harapan itu kemungkinan akan terwujut jika saudara dapat memberikan sesuatu untuk menambah isi dari tesis yg saya buat . terimakasih sebelumnya
Terima kasih masukannya. Kurikulum yang saudara maksud tersebut berkaitan dalam bentuk apa. Kalau berkaitan dengan pengembangan kurikulum dalam bentuk silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran akan saya bantu, terutama dalam kajian Pendidikan Agama Islam. Trima Kasih.
Mas saya mau tanya,,,,,,saya bingung nyari artikel tentang faktor2 yang mempengaruhi perkembangan kurikulum PAI,,,spa tau Mas bisa bantu.klo bsa tolong krim ke e-mail saya ya Mas,,,,,,,,,,thx
minta pengertian pengembangan kurikulum PAI dong !!!
anda pastinya sudah paham betul tentang ktsp.saya ingin cari pmbahasan tentang PAI dalam konsep ktsp.tolong berikan sedikit pengetahuan tentang hal itu,karena saya sangat membutuhkan sekali.maaf sebelum dan sesudah nya.saya juga masih belajar internet,jadi maaf kalau ada kesalahan penulisan email.terima kasih
Insya Allah akan saya coba ya… untuk membuatnya …
Terima kasih…
tolong kirimkan silabus rpp aqidah akhlak dan pai (pendidikan agama islam kls 7 dan kls 8 ) ke asef_sopiandi@yahoo.coi.d
asslam.mohon kirimkan IMPLEMENTASI STANDAR ISI PAI DI SMA TO.desya_2008@yahoo.com WASSLM
Walaikum salam
Pak syahrul… implementasi yang dimaksud saya belum mengerti.
Apakah pelaksanaan Standar Isi PAI, atau Silabus dan RPP PAI pada SMA.
Terima kasih..
Wassalam
Pak aprianto………….boleh minta tolong kirimin artikel mengenai
proses pengembangan kurikulum MPAI?tlng kirimin ke email saya ya pak…………….syukron katsiron…………..
saya coba dulu cari di komputer ya.. mudah-mudahan ada, trims
ass. pak aprianto, sama seperti temen2 yg lain kalo boleh minta artikel yang berhubungan dengan perkembangan/pergeseran kurikulum PAI khususnya dari tahun 1984-2004. mohon dikirim ke email saya ya pak, jazumullah….
Saya coba ya….
assl mu..leni mnta tlong bagiman car mmbuat silabus tentang PAI
saya mau nanya kenapa PAI akhir-akhir ini kurang bisa diminati oleh siswa, apa kira-kira karena tidak termasuk pel. uan yaa,
Bapak Yazid Yth. Assalamu’alaikum wr.wb.
Menurut saya, menciptakan pembelajaran PAI yang memiliki nuansa PAIKEM harus terus diupayakan, sehingga pembelajaran menjadi diminati oleh siswa. Penyebab bukan krena tidak UAN, tetapi buatlah pembelajaran yang menyenangkan.
Terima kasih
Wassalam
Ass. Pak tolong jelaskan tentang dikatomi ilmu dan permasalahnnya.
salam pak,
mohon untuk dikirimkan ke alamat e-mail saya silabus dan kurikulum untuk PLS Spa
trimakasih.
assalamualaikum…pak apriyanto yth,
saya membutuhkan artikel tentang pengembangan kurikulum pAI dengan salah satu model pengembangan yang ada, seperti model Tyler, Taba, OLiva dll.
kira-kira bapak punya pa nggak??
kalau ada saya mohon untuk mengirimkan ke email sya.
syukron qoblah.
jazakumullah ahsanal jaza’.
wassalamualaikum
tolog ustas, kalau bisac krim dong contoh rpp agama untuk kulia
assalamu’alaikum pak apriyanto…saya membutuhkan artikel yang berisi tentang analisis dan mengidentifikasi tahapan, keterterapan prinsip-prinsip, keterlibatan unsur-unsur pengembang kurikulum PAI.
Bapak punya tidak yang berisi tentang itu??
kalau ada saya mohon untuk mengirimkan lewat e-mail saya..
terimakasih banyak sebelumnya..
wassalamu’alaikum…
kalau nanti ada akan saya kirimkan ya
aslm. maf Pa Aprianto, saya pengen di kirim Silabi Materi PAI di STAI, Trims
wss, mohon maaf, saya ga punya silabus Materi PAI pak, trims. wassalam
kenapa PENGEMBANGA STRATEGI KURIKULUM PAI tidak dibahas secara detail di situs Anda?.
[…] https://apri76.wordpress.com/2008/07/31/silabus-pengembangan-kurikulum-pai/ […]