Silabus Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum PAI

A. DESKRIPSI SINGKAT

Mata kuliah ini membahas tentang pengembangan kurikulum PAI dan silabus serta rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI.

B. KOMPETENSI

Mendeskripsikan pengembangan kurikulum dan membuat silabus serta RPP PAI

C. INDIKATOR

1. Menjelaskan Pengertian Kurikulum

2. Menjelaskan Konsep Kurikulum dalam Pendidikan

3. Menjelaskan Peranan dan Fungsi Kurikulum

4. Menjelaskan Proses Pengembangan Kurikulum PAI

5. Menjelaskan Pendekatan dalam Pengembangan Kurikulum PAI

6. Menjelaskan Perubahan Kurikulum PAI

7. Menjelaskan Prinsip dan Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Kurikulum

8. Menjelaskan Pendidik dan Pengembangan Kurikulum

9. Menjelaskan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

10. Menjelaskan Sillabus dalam kurikulum

11. Menjelaskan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam Kurikulum

12. Menjelaskan Materi dan Pengembangan Kurikulum PAI

13. Membuat Silabus dan RPP

D. MATERI

PERTEMUAN KE-

TOPIK

KETERANGAN

1

Pengantar Mata Kuliah

2

Pengertian Kurikulum

S. Nasution. 1988. Asas-asas kurikulum. Bandung: Jemmars, h. 7-17 dan Oemar Malik. 1990 Pengembangan kurikulum. Bandung: Mandar Maju, h. 4-7. Ornstein, Allan C. Francis P. Hunkins. 1988. Curriculum: foundation, principles and issues. New Jersey: Prentice Hall Englewood Cliffs, h. 6-12

3

Konsep Kurikulum dalam Pendidikan

Nana Syaodih Sukmadinata. 1997. Pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, h. 1-16, Zais, Robert S. 1976. Curriculum: principle and foundation. London: Harper & Row, Publishers. H. 6-11

4

Peranan dan Fungsi Kurikulum

Oemar Malik. 1990 Pengembangan kurikulum. Bandung: Mandar Maju, h. 4-12

5

Proses Pengembangan Kurikulum

S. Nasution.1989. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bina Aksara, h. 8-13

6

Pendekatan dalam Pengembangan Kurikulum

S. Nasution.1989. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bina Aksara, h. 43-55

7

Perubahan Kurikulum

S. Nasution, Asas-asas kurikulum. Bandung: Jemmars, h. 218-246

8

Prinsip dan Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Kurikulum

Nana Syaodih Sukmadinata. 1997. Pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, h. 150-171

9

Mid Semester

10

Pendidik dan Pengembangan Kurikulum

Nana Syaodih Sukmadinata. 1997. Pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, h. 191-214

11

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

E. Mulyasa. 2006. Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Dan Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2006. Jakarta: BSNP.

12

Silabus dalam kurikulum

Panduan Pengembangan Silabus PAI. 2006. Jakarta: Diknas.

13

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam Kurikulum

Panduan Pengembangan Silabus PAI. 2006. Jakarta: Diknas.

14

Materi dan Kurikulum PAI

Supiana. dan M. Karman. 2001. Materi pendidikan agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

15

Praktek Pembuatan Silabus dan RPP

16

Praktek Pembuatan Silabus dan RPP

17

Praktek Pembuatan Silabus dan RPP

E. PENILAIAN

Untuk menentukan kelulusan mahasiswa dalam mengikuti kuliah Pengembangan Kurikulum PAI ini, perlu dilakukan evaluasi secara periodik. Evaluasi ini wajib diikuti oleh setiap mahasiswa. Jenis evaluasi dan sebaran persentase untuk setiap jenis evaluasi tersebut adalah sebagai berikut.

1. Nilai Harian (Tugas/Pekerjaan Rumah/Latihan Harian) : 20 %

2. Ujian Tengah Program : 30 %

3. Ujian Akhir Program : 50 %

_________________ +

Jumlah : 100%

Nilai Harian (Tugas di kelas, PR) : Mahasiswa mengerjakan tugas yang dibebankan, dalam bentuk pembuatan makalah secara berkelompok maupun perorangan. Setiap Tugas/PR akan mendapatkan nilai dengan skala 0 – 100.

Tes Tengah Semester

Tes Tengah Semester adalah tes yang dilaksanakan berdasarkan jadwal yang tertera dalam silabi. Materi tes ini terdiri atas pelajaran 1 sampai dengan pelajaran sebelum minggu review pada tengah program. Bentuk soal campuran. Sifat tes tengah program ini ialah buku tertutup.

Ujian Akhir Semester

Ujian Akhir Semester adalah tes yang dilaksanakan berdasarkan jadwal yang tertera dalam silabi. Materi tes ini terdiri atas pelajaran yang diberikan sesudah tes tengah program sampai dengan pelajaran sebelum minggu review pada akhir program. Bentuk soal campuran. Sifat tes akhir program ini ialah buku tertutup/terbuka.

F. MEDIA

1. Laptop

2. LCD

3. Internet

G. REFERENSI

Tyler. Ralp W. 1949. Basic principles of curriculum and instruction. Chicago: The University of Chicago.

Zais, Robert S. 1976. Curriculum: principle and foundation. London: Harper & Row, Publishers.

Ornstein, Allan C. dan Francis P. Hunkins. 1988. Curriculum: foundation, principles and issues. New Jersey: Prentice Hall Englewood Cliffs.

S. Nasution. 1988. Asas-asas kurikulum. 1988. Bandung: Jemmars

S. Nasution.1989. Kurikulum dan pengajaran. Jakarta: Bina Aksara.

Oemar Malik. 1990 Pengembangan kurikulum. Bandung: Mandar Maju.

Nana Syaodih Sukmadinata. 1997. Pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2006. Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Panduan Pengembangan Silabus PAI. 2006. Jakarta: Diknas.

Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2006. Jakarta: BSNP.

Supiana. M. Karman. 2001. Materi pendidikan agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi

Dan buku-buku lain yang relevan

Padang, Maret 2008

Dosen Pembina,

Aprianto

About these ads

28 Tanggapan

  1. mas mo nanya dong….
    saya bingung nyari artikel tentang pengembangan kurikulum PAI, siapa tau mas bisa bantu
    tar klo bisa kirimin ke email saya mas yah….
    02547213007

  2. Saya coba.. yaaaa…..
    tapi ini siapa ya…..

    Trims

  3. harapannya sii , pengen dapat ide – ide segar dari anda tentang pembuatan kurikulum , disaat saya yang sedang disibukan dengan tugas tesis yang bertemakan pembuatan kurikulum untuk membuat pasukan yg brtugas menyelamatkan laut dari polusi, kecelakaan , kecurangan aturan , kemunafikan aparat – aparat selama ini .
    untuk hal ini harapan itu kemungkinan akan terwujut jika saudara dapat memberikan sesuatu untuk menambah isi dari tesis yg saya buat . terimakasih sebelumnya

  4. Terima kasih masukannya. Kurikulum yang saudara maksud tersebut berkaitan dalam bentuk apa. Kalau berkaitan dengan pengembangan kurikulum dalam bentuk silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran akan saya bantu, terutama dalam kajian Pendidikan Agama Islam. Trima Kasih.

  5. Mas saya mau tanya,,,,,,saya bingung nyari artikel tentang faktor2 yang mempengaruhi perkembangan kurikulum PAI,,,spa tau Mas bisa bantu.klo bsa tolong krim ke e-mail saya ya Mas,,,,,,,,,,thx

  6. minta pengertian pengembangan kurikulum PAI dong !!!

  7. anda pastinya sudah paham betul tentang ktsp.saya ingin cari pmbahasan tentang PAI dalam konsep ktsp.tolong berikan sedikit pengetahuan tentang hal itu,karena saya sangat membutuhkan sekali.maaf sebelum dan sesudah nya.saya juga masih belajar internet,jadi maaf kalau ada kesalahan penulisan email.terima kasih

  8. Insya Allah akan saya coba ya… untuk membuatnya …

    Terima kasih…

  9. tolong kirimkan silabus rpp aqidah akhlak dan pai (pendidikan agama islam kls 7 dan kls 8 ) ke asef_sopiandi@yahoo.coi.d

  10. asslam.mohon kirimkan IMPLEMENTASI STANDAR ISI PAI DI SMA TO.desya_2008@yahoo.com WASSLM

    • Walaikum salam
      Pak syahrul… implementasi yang dimaksud saya belum mengerti.
      Apakah pelaksanaan Standar Isi PAI, atau Silabus dan RPP PAI pada SMA.
      Terima kasih..
      Wassalam

  11. Pak aprianto………….boleh minta tolong kirimin artikel mengenai
    proses pengembangan kurikulum MPAI?tlng kirimin ke email saya ya pak…………….syukron katsiron…………..

  12. ass. pak aprianto, sama seperti temen2 yg lain kalo boleh minta artikel yang berhubungan dengan perkembangan/pergeseran kurikulum PAI khususnya dari tahun 1984-2004. mohon dikirim ke email saya ya pak, jazumullah….

  13. assl mu..leni mnta tlong bagiman car mmbuat silabus tentang PAI

  14. saya mau nanya kenapa PAI akhir-akhir ini kurang bisa diminati oleh siswa, apa kira-kira karena tidak termasuk pel. uan yaa,

    • Bapak Yazid Yth. Assalamu’alaikum wr.wb.
      Menurut saya, menciptakan pembelajaran PAI yang memiliki nuansa PAIKEM harus terus diupayakan, sehingga pembelajaran menjadi diminati oleh siswa. Penyebab bukan krena tidak UAN, tetapi buatlah pembelajaran yang menyenangkan.
      Terima kasih
      Wassalam

  15. Ass. Pak tolong jelaskan tentang dikatomi ilmu dan permasalahnnya.

  16. salam pak,
    mohon untuk dikirimkan ke alamat e-mail saya silabus dan kurikulum untuk PLS Spa
    trimakasih.

  17. assalamualaikum…pak apriyanto yth,
    saya membutuhkan artikel tentang pengembangan kurikulum pAI dengan salah satu model pengembangan yang ada, seperti model Tyler, Taba, OLiva dll.
    kira-kira bapak punya pa nggak??
    kalau ada saya mohon untuk mengirimkan ke email sya.
    syukron qoblah.
    jazakumullah ahsanal jaza’.
    wassalamualaikum

  18. tolog ustas, kalau bisac krim dong contoh rpp agama untuk kulia

  19. assalamu’alaikum pak apriyanto…saya membutuhkan artikel yang berisi tentang analisis dan mengidentifikasi tahapan, keterterapan prinsip-prinsip, keterlibatan unsur-unsur pengembang kurikulum PAI.
    Bapak punya tidak yang berisi tentang itu??
    kalau ada saya mohon untuk mengirimkan lewat e-mail saya..
    terimakasih banyak sebelumnya..
    wassalamu’alaikum…

  20. aslm. maf Pa Aprianto, saya pengen di kirim Silabi Materi PAI di STAI, Trims

  21. kenapa PENGEMBANGA STRATEGI KURIKULUM PAI tidak dibahas secara detail di situs Anda?.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: