SK dan KD PAI SMP

A.    Latar Belakang

Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.

 

Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai dengan jenjang persekolahan  yang secara nasional ditandai dengan ciri-ciri:

 

  1. lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan materi;
  2. mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
  3. memberiklan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran seauai dengan kebutuhan dan ketersedian sumber daya pendidikan.

 

Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul  dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global.

 

Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak beraturan. Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.

 

B.  Tujuan

Pendidikan Agama Islam di SMP/MTs bertujuan untuk:

1.      menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;

2.      mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama  dan berakhlak mulia  yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.

 

C.  Ruang Lingkup

Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

1.      Al Qur’an dan Hadits

2.      Aqidah

3.      Akhlak

4.      Fiqih

5.      Tarikh dan Kebudayaan Islam.

Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.

 

 


D.      Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

 

Kelas VII, Semester I

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al-Qur’an

1.      Menerapkan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah

 

 

 

1.1  Menjelaskan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah

1.2   Membedakan  hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah

1.3    Menerapkan bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah  dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar

 

Aqidah

2.      Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman sifat-sifatNya

 

 

 

2.1   Membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah

2.2   Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT

2.3   Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah SWT

2.4   Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT

 

 

3.      Memahami Asmaul Husna

 

 

3.1   Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna

3.2   Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna

 

Akhlak

4.      Membiasakan perilaku terpuji

 

 

4.1   Menjelaskan pengertian tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar

4.2   Menampilkan contoh-contoh perilaku  tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar

4.3   Membiasakan perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar

 


 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Fiqih

5.      Memahami ketentuan – ketentuan thaharah (bersuci)

 

 

5.1   Menjelaskan ketentuan –ketentuan mandi wajib

5.2   Menjelaskan perbedaan hadas dan najis

 

 

6.      Memahami tatacara shalat 

 

6.1   Menjelaskan ketentuan –ketentuan shalat wajib

6.2   Memperaktikkan shalat wajib

 

 

7.      Memahami tatacara shalat jamaah dan munfarid (sendiri)

 

 

 

7.1   Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan munfarid

7.2   Memperaktikkan shalat jama’ah dan shalat munfarid

 

Tarikh dan kebudayaan Islam

8.      Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW

 

 

 

 

 

 

8.1   Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW

8.2   Menjelaskan misi nabi Muhammad  untuk semua manusia dan bangsa

 

 

 

 


Kelas VII, Semester 2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al-Qur’an

9.      Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati

 

 

9.1   Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati

9.2   Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati

9.3   Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.

 

Aqidah

10. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat

 

 

 

10.1 Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat

10.2 Menjelaskan tugas-tugas Malaikat

 

Akhlak

11. Membiasakan perilaku terpuji

 

 

 

11.1  Menjelaskan arti kerja keras, tekun, ulet dan teliti

11.2 Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti

11.3 Membiasakan perilaku kerja keras,  ulet, tekun dan teliti

 

Fiqih

12.  Memahami tatacara shalat Jum’at

 

 

 

12.1  Menjelaskan ketentuan – ketentuan shalat jum’at

12.2   Mempraktekkan shalat jum’at

 

 

13.   Memahami tatacara shalat jama’ dan qashar

 

 

13.1  Menjelaskan shalat jama’ dan qashar

13.2  Mempraktekkan shalat jama’ dan qashar

 


 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Tarikh dan Kebudayaan Islam

14.      Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW

 

 

 

 

 

 

 

14.1  Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat

14.2  Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat

14.3  Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah

 


Kelas VIII, Semester I

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al-Qur’an

1.         Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra

 

 

 

1.1      Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah dan Ra

1.2      Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra  dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.

 

Aqidah

2.          Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah

 

 

 

 

2.1      Menjelaskan pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah

2.2      Menyebutkan nama Kitab-kitab Allah SWT yang di turunkan kepada para Rasul

2.3      Menampilkan sikap mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah

 

Akhlak

3.          Membiasakan perilaku terpuji

 

 

 

3.1      Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakkal

3.2      Menampilkan contoh perilaku zuhud dan tawakkal

3.3       Membiasakan perilaku zuhud dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

4.          Menghindari perilaku tercela

 

 

 

 

 

4.1      Menjelaskan pengertian ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah

4.2      Menyebutkan contoh – contoh perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah

4.3      Menghindari perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah dalam kehidupan sehari-hari.

 

Fiqih

5.          Mengenal tatacara  shalat sunnat

 

 

5.1      Menjelaskan ketentuan shalat sunnat rawatib

5.2      Memperaktikkan shalat sunnat rawatib

 


 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 

6.          Memahami macam-macam sujud

 

 

 

 

6.1      Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah

6.2      Menjelaskan tatacara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah

6.3       Memperaktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah

 

 

7. Memahami tatacara puasa

 

 

 

7.1       Menjelaskan ketentuan puasa wajib

7.2     Memperaktekkan puasa wajib

7.3     Menjelaskan ketentuan puasa sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan Arafah

7.4     Memperaktikkan puasa sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan Arafah

 

 

8. Memahami zakat

 

 

 

 

8.1       Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal

8.2     Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal

8.3     Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal

8.4     Memperaktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal

 

Tarikh dan Kebudayaan Islam

9. Memahami Sejarah Nabi

 

 

 

 

9.1       Menceritakan sejarah  Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan

9.2     Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah

 

 


Kelas VIII, Semester 2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al-Qur’an

10.      Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf

 

 

10.1       Menjelaskan hukum bacaan mad dan waqaf

10.2       Menunjukkan contoh hukum bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an

10.3       Mempraktikkan bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an

 

Aqidah

11.      Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah

 

 

 

 

11.1       Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul Allah

11.2       Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rasul Allah

11.3       Meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW

 

Akhlak

12.      Membiasakan perilaku terpuji

 

 

 

12.1       Menjelaskan adab makan dan minum

12.2       Menampilkan contoh adab makan dan minum

12.3       Memperaktekkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari

 

 

13.  Menghindari Perilaku tercela

 

 

 

 

 

13.1       Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan munafik

13.2       Menjelaskan ciri-ciri pendendam dan munafik

13.3       Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari

 

 

14.  Memahami hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan

 

 

 

14.1       Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan

14.2       Menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan.


 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Tarikh dan Kebudayaan Islam

15.  Memahami sejarah dakwah Islam

 

 

 

 

 

15.1       Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah

15.2       Menyebutkan tokoh ilmuwan muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah.

 


Kelas , IX Semester I

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al-Qur’an dan Al-Hadits

1.         Memahami Ajaran Al Qur’an surat At-Tin

 

 

 

1.1      Membaca QS At-Tin dengan tartil

1.2      Menyebutkan arti QS At-Tin

1.3      Menjelaskan makna QS At-Tin

 

 

2.          Memahami Ajaran   Al – Hadits tentang menuntut ilmu

 

 

 

 

2.1      Membaca hadits tentang menuntut ilmu

2.2       Menyebutkan arti Hadits tentang menuntut ilmu

2.3      Menjelaskan makna menuntut ilmu seperti dalam Al-Hadits

 

Aqidah

3.          Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir

 

 

 

 

3.1      Menjelaskan pengertian beriman kepada Hari Akhir

3.2      Menyebutkan ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan hari Akhir

3.3      Menceritakan proses kejadian kiamat sughro dan kubro seperti terkandung dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits

 

Akhlak

4.          Membiasakan perilaku terpuji

 

 

 

4.1      Menjelaskan pengertian qana’ah dan tasamuh

4.2      Menampilkan contoh perilaku qana’ah dan tasamuh

4.3      Membiasakan perilaku qana’ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.

 

Fiqih

5.          Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan

 

 

 

5.1      Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan

5.2      Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban

5.3      Memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban

 


 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 

6.          Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umrah

 

 

 

6.1      Menyebutkan pengertian dan ketentuan haji dan umrah

6.2      Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah

Tarikh dan Kebudayaan Islam

7.          Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara

 

 

 

 

 

 

7.1      Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran

7.2      Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi

 

 

 

 


Kelas IX, Semester 2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al-Qur’an dan Al Hadits

8.     Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah

 

 

 

8.1       Menampilkan bacaan QS Al-Insyirah dengan tartil dan benar

8.2       Menyebutkan arti QS Al-Insyirah

8.3       Mempraktikkan perilaku dalam bekerja selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS Al-Insyirah 

 

 

9.    Memahami Ajaran   Al – Hadits tentang kebersihan

 

 

 

9.1       Membaca hadits tentang kebersihan

9.2     Menyebutkan arti hadits tentang kebersihan

9.3     Menampilkan perilaku bersih seperti dalam hadits

 

Aqidah

10.   Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan Qadhar

 

 

 

10.1       Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadhar

10.2       Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadhar

10.3       Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadhar dalam kehidupan sehari-hari

10.4       Menyebutkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan qadha dan qadhar.

 

Akhlak

11.      Menghindari perilaku tercela

 

 

 

 

11.1       Menyebutkan pengertian takabbur

11.2       Menyebutkan contoh-contoh perilaku  takabbur

11.3       Menghindari perilaku takabbur dalam kehidupan sehari-hari

 


 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Fiqih

12.      Memahami tatacara berbagai shalat sunnah

 

 

 

 

 

12.1       Menyebutkan pengertian dan ketentuan sholat sunnat berjamaah dan munfarid

12.2       Menyebutkan contoh shalat sunnat berjamaah dan munfarid

12.3       Mempraktikkan shalat sunnat berjamaah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari.

 

Tarikh dan Kebudayaan Islam

13.      Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara

 

 

 

 

 

13.1       Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam

13.2       Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.

 

 

E.   Arah Pengembangan

Srtandar kompetensi dan dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompotensi untuk penilaian. Dalam merencanakan kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk madrasah dikembangkan lebih lanjut oleh Departemen Agama.

4 Tanggapan

  1. menarik sekali..tapi kita butuh analisisnya juga pak..

  2. salam dari sma “17″ 1 , jl.tentara pelajar 24 yogya,Trims artikelnya, sukses buat mas…!

  3. alhamdulillah, terima kasih sya telah mendaptkn informasi yang berharga dan bisa dicopy melalui tulisan tangan anda. Semoga kebaikan yang banyak dari Allah dilimpahkan padamu.

  4. TRIM”S U/ MAKALAHNYA

Tinggalkan komentar