Contoh Silabus dan RPP PAI SMP Berkarakter

Untuk pengembangan silabus dan RPP PAI SMP Berkarater, di bawah ini dimuatkan contohnya.

Contoh Silabus PAI SMP:

SILABUS

Nama Sekolah                                    : SMPN …….

Mata Pelajaran                                   : PAI

Kelas/Semester                                  : IX / 1

Standar Kompetensi                          : Memahami Ajaran Al Qur’an surat At-Tin

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

TM

TT

KMTT

Teknik

Bentuk Instumen

Contoh Instrumen

1.1    Membaca QS At-Tin dengan tartil Q.S at-Tin Peserta didik menelaah dan mengeja Q.S at-Tin Peserta didik membaca Q.S at-Tin Peserta didik menghafal Q.S at-Tin
  1. Melafalkan Q.S at-Tin
  2. Membaca Q.S at-Tin
  3. Menghafal Q.S at-Tin

Tes Praktik

Tes Identifikasi

Bacalah surat at-Tin!

2 x 40 ‘

Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Toha Putra, 1989

Eka Setiyani, dkk., PAI SMP Kelas IX.Karakter Siswa yang DiharapkanReligius, Disiplin, Tanggungjawab, Gemar Membaca dan Kreatif1.2    Menyebutkan arti QS At-TinQ.S at-Tin

Peserta didik menelaah dan mengenal kata mufradat surat at-Tin

Peserta didik mengartikan surat at-Tin kata demi kata dan secara keseluruhanPeserta didik membuat perbandingan antara surat at-Tin

  1. Mengenali arti mufradat surat at-Tin
  2. Mengartikan surat at-Tin
  3. Menjelaskan arti surat at-Tin

Tes Tertulis

Pilihan Ganda

Arti kata balad al-amiin adalah ….

  1. Negeri jujur
  2. Negeri yang aman
  3. Negeri yang sejahtera
  4. Negeri makmur

2 x 40’Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Toha Putra, 1989

Eka Setiyani, dkk., PAI SMP Kelas IX.Karakter Siswa yang DiharapkanReligius, Disiplin, Tanggungjawab, Gemar Membaca dan Kreatif1.3     Menjelaskan makna QS At-TinMakna Surat At-Tin

Peserta didik menelaah makna surat at-Tin dari sumber belajarPeserta didik menjelaskan makna surat at-Tin secara konfrehensifPeserta didik mencari makna surat at-Tin yang terdapat dalam beberapa tafsir al-Qur’an

  1. Mengenali makna surat at-Tin
  2. Menuliskan makna surat at-Tin
  3. Menjelaskan makna surat at-Tin

TesTertulisPiligan GandaMakna pokok yang terkandung dalam surat at-Tin adalah ….

  1. Manusia makhluk yang sempurna
  2. Manusia penguasa bumi
  3. Manusia memakmurkan bumi
  4. Manusia memimpin di atas bumi

2 x 40’Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Toha Putra, 1989

Eka Setiyani, dkk., PAI SMP Kelas IX.

Karakter Siswa yang DiharapkanReligius, Disiplin, Tanggungjawab, Gemar Membaca dan Kreatif

Mengetahui,

Kepala Sekolah ………………….

……………………………………..

NIP. ………………………………..

…………………….., ………………………..2012

Guru Mata Pelajaran

………………………………………..

NIP. ……………………………………..

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PAI SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Berdasarkan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses

 

IDENTITAS MATA PELAJARAN

Satuan Pendidikan       : SMP  …..

Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester          : IX / 1

Jumlah Pertemuan       : satu kali (pertama)

STANDAR KOMPETENSI   KOMPETENSI DASAR
  1. Memahami Ajaran Al Qur’an surat At-Tin
1.1 Membaca QS At-Tin dengan tartil
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI   TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Melafalkan Q.S At-Tin
  2. Membaca Q.S At-Tin
  3. Menghafal Q.S At-Tin
Peserta didik dapat membaca surat At-Tin dengan tartil secara baik dan benar menurut ilmu tajwid

 

MATERI AJAR

Fakta         : Q.S At-Tin merupakan surat Makkiyah terdapat pada Juz ke-30 atau Jus ‘Amma pada al-Qur’an

Konsep      : Isi dari surat At-Tin adalah:

ÈûüÏnG9$#ur ÈbqçG÷ƒ¨“9$#ur ÇÊÈ   ͑qèÛur tûüÏZÅ™ ÇËÈ   #x‹»ydur Ï$s#t7ø9$# ÂúüÏBF{$# ÇÌÈ   ô‰s)s9 $uZø)n=y{ z`»|¡SM}$# þ’Îû Ç`|¡ômr& 5OƒÈqø)s? ÇÍÈ   ¢OèO çm»tR÷ŠyŠu‘ Ÿ@xÿó™r& tû,Î#Ïÿ»y™ ÇÎÈ   žwÎ) tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=ÏHxåur ÏM»ysÎ=»¢Á9$# óOßgn=sù íô_r& çŽöxî 5bqãYøÿxE ÇÏÈ   $yJsù y7ç/Éj‹s3ム߉÷èt/ ÈûïÏe$!$$Î/ ÇÐÈ   }§øŠs9r& ª!$# È/s3ômr’Î/ tûüÉKÅ3»ptø:$# ÇÑÈ

Prinsip       : Surat At-Tin menceritakan tentang manusia sebagai makhluk Allah yang sempurna.

Prosedur    : Surat At-Tin dibaca mulai dari ayat pertama sampai terakhir dengan ilmu tajwid

ALOKASI WAKTU

  1. Tatap muka (TM)                                            : 60 Menit
  2. Tugas Terstruktur (TT)                                               : 20 Menit
  3. Kegiatan Mandiri Tidak Terstuktur (KMTT)   : 30 menit

 METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan           : CTL

Model                   : Pembelajaran Langsung

Metode                 : Demonstrasi

 KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

NO

Kegiatan Pendidik

Kegiatan Peserta didik

1 Pendahuluan  ( 10 )-          Memulai belajar dengan basmalah dengan rasa religius-          Mencek keadaan fisik dan psikis peserta didik

-          Menghubungkan materi membaca Q.S At-Tin dengan materi sebelumnya

-          Menyampaikan tujuan pembelajaran secara bertanggungjawab

-          Menyampaikan sistem pembelajaran dengan membaca dan tadarrus

 

-          Membaca basmalah dengan rasa religius-          Menanggapi pernyataan pendidik dengan menyampaikan kondisinya.

-          Mendengarkan pertanyaan Pendidik dan menjawabnya dengan tanggungjawab

-          Mendengarkan keterangan Pendidik tentang tujuan pembelajaran dengan mandiri

 

2 Kegiatan Inti  ( 50 )Eksplorasi-          Pendidik mengajukan pertanyaan kepada peserta didik tentang  peserta didik yang telah mampu membaca Q.S At-Tin secara bertanggungjawab.

 

-          Peserta didik mengangkat tangan untuk menjawab pertanyaan tentang membaca Q.S At-Tin dengan jujur 
Elaborasi-          Pendidik meminta peserta didik menelaah surat At-Tin dengan penuh tanggungjawab-          Pendidik melafalkan surat At-Tin dengan benar mengajukan pertanyaan kepada peserta didik tentang  peserta didik yang telah mampu membaca At-Tin dengan penuh disiplin

-          Pendidik mendengarkan bacaan peserta didik dengan penuh tanggungjawab

 

-          Peserta didik membuka surat At-Tin dengan jujur-          Peserta didik mengikuti lafal pendidik dengan rasa tanggungjawab

-          Peserta didik membaca surat At-Tin sesuai pada teks dengan penuh rasa tanggungjawab

 

Konfirmasi-          Pendidik melakukan penguatan terhadap bacaan surat At-Tin dengan rasa gemar membaca  -          Peserta didik mengikuti bacaan surat At-Tin dengan rasa gemar membaca
3. Penutup ( 10 menit )-          Pendidik menyimpulkan cara membaca surat At-Tin bersama peserta didik dengan penuh rasa tanggungjawab-          Pendidik memberikan refleksi dan arahan dengan menghargai prestasi

-          Pendidik menyampaikan perencanaan untuk remedial

-          Pendidik menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari minggu berikutnya dengan rasa tanggungjawab

-          Peserta didik menyimpulkan dan membuat  catatan penting dengan jujur-          Peserta didik mendengarkannya dengan menghargai prestasi

-          Peserta didik mengikuti perencanaan pendidik untuk remedial secara mandiri

-          Peserta didik mencatat materi selanjutnya yang akan dipelajari secara mandiri

 

 

 

PENILAIAN HASIL BELAJAR

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen /

Soal

  1. Melafalkan Q.S At-Tin
  2. Membaca Q.S At-Tin
  3. Menghafal Q.S At-Tin

Tes Praktik

Tes Identifikasi

  1. Bacalah surat At-Tin!

 

Rubrik/Pedoman penilaian:

Aspek yg dinilai

Indikator kemampuan

Skor

1. Kelancaran2. Bacaan surat At-Tin3. Makhraj dan Mad
  • Membaca dengan lancar
  • Tidak melakukan kesalahan bacaan surat al-Lahab dan al-kafirun serta makhraj dan madnya

100

  • Membaca dengan lancar
  • Melakukan 1-2 kesalahan bacaan surat al-Lahab dan al-kafirun serta makhraj dan madnya

90

  • Melakukan 3-4 kesalahan bacaan surat al-Lahab dan al-kafirun serta makhraj dan madnya

80

  • Melakukan 5-6 kesalahan bacaan surat al-Lahab dan al-kafirun serta makhraj dan madnya

70

  • Melakukan 7-8 kesalahan bacaan surat al-Lahab dan al-kafirun serta makhraj dan madnya

60

  • Melakukan  lebih dari 8 kesalahan bacaan  surat al-Lahab dan al-kafirun serta makhraj dan madnya

50

Lembar Instrumen Penilaian

No

Nama

Soal

Skor

1.
2.
3.
4.
5.
…dst

 

SUMBER BELAJAR

  1. Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Toha Putra, 1989
  2. Eka Setiyani, dkk., PAI SMP Kelas IX.

Mengetahui

Kepala Sekolah

…………………………………………

NIP. …………………………………..

……………………..,   …………. 2011

Guru Pendidikan Agama Islam

………………………………………

NIP. …………………………………

Saran Kepala Sekolah:

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

About these ads

Satu Tanggapan

  1. Terima kasih atas infox ya pak, moga jadi amal jariyah. amin

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: