SK dan KD PAI SMA

A. Latar Belakang

 

Agama  memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menajdi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

 

Pendidikan agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membetuk peserta didik agar menajdi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa  dan berakhlak  mulia.  Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan  dari pendidikan agama. Peningkatan potensi spiritual mencakup pengamalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual  ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spiritual tersebut pada akhirnya  bertujuan pada  optimalisasi berbagai potensi  yang dimiliki manusia  yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.

 

Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai dengan jenjang persekolahan  yang secara nasional ditandai dengan ciri-ciri:

 

  1. lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan materi;
  2. mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
  3. memberiklan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran seauai dengan kebutuhan dan ketersedian sumber daya pendidikan.

 

Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul  dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global.

 

Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak beraturan. Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.

 

 

B. Tujuan

 

Pendidikan Agama Islam di SMA/MA bertujuan untuk:

 

  1. menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang  Agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
  2. mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama  dan berakhlak mulia  yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.

 

 

 

C. Ruang Lingkup

 

Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

 

  1. Al-Qur’an dan Hadits
  2. Aqidah
  3. Akhlak
  4. Fiqih
  5. Tarikh dan Kebudayaan Islam

 

Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

 

Kelas X, Semester 1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al-Qur’an

1.     Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.

 

1.1     Membaca QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78

1.2     Menyebutkan arti QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78.

1.3     Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al-Baqarah;30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78.

 

 

2.     Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah.

 

2.1       Membaca QS Al An’am; 162-163 dan Al-Bayyinah; 5.

2.2       Menyebutkan arti QS Al An’am;162-163 dan Al-Bayyinah; 5.

2.3       Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam QS Al An’am;162-163 dan Al-Bayyinah; 5.

 

Aqidah

3.         Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna

 

 

 

3.1       Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.

3.2       Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam  Asmaul Husna.

3.3       Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.

 


 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Akhlak

4.         Membiasakan perilaku terpuji

 

 

 

4.1       Menyebutkan pengertian perilaku husnuzhan.

4.2       Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.

4.3       Membiasakan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Fiqih

5.         Memahami sumber hokum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah.

 

 

 

 

 

5.1       Menyebutkan pengertian kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam

5.2       Menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam

5.3       Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Tarikh dan Kebudayaan Islam

6.         Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.

 

 

 

 

6.1       Menceritakan sejarah dakwah Rasullah SAW periode Makkah.

6.2       Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Makkah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Kelas X, Semester 2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

7.         Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi

 

 

7.1       Membaca QS Ali Imran; 159 dan QS Asy Syura; 38.

7.2       Menyebutkan arti QS Ali Imran 159 dan QS Asy Syura; 38.

7.3       Menampilkan perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS Ali Imran 159, dan QS Asy Syura; 38 dalam kehidupan sehari-hari.

 

Aqidah

8.         Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.

 

 

 

8.1       Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat.

8.2       Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat.

8.3       Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.

 

Akhlak

9.         Membiasakan perilaku terpuji.

 

 

 

 

9.1       Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan atau menerima tamu.

9.2       Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.

9.3       Mempraktikkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

10.     Menghindari Perilaku Tercela

 

 

 

 

 

10.1   Menjelaskan pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi

10.2   Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi

10.3   Menghindari hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari


 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Fiqih

11. Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf.

 

 

 

 

11.1   Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.

11.2   Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf.

11.3   Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf.

 

Tarikh dan Kebudayaan Islam

12.     Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Madinah.

 

 

 

 

12.1   Menceritakan sejarah dakwah Rasullah SAW periode Madinah.

12.2   Mendeskripsikan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Madinah.

 

 

 


Kelas XI, Semester 1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

 

 

1.     Memahami ayat-ayat Al- Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan

1.1

Membaca QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32

1.2

Menjelaskan arti QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32

 

1.3

Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32

 

2.     Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang perintah menyantuni kaum Dhu’afa

2.1

Membaca Qs. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177

2.2

Menjelaskan arti QS. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177

2.3

Menampilkan perilaku menyantuni kaum Dhu’afa seperti terkandung dalam QS. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177

 

Aqidah

 

 

3.     Meningkatkan keimanan kepada Rasul rasul Allah

3.1

Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasulrasul Allah

3.2

Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah

3.3

Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari

 

Akhlaq

 

 

4.     Membiasakan berperilaku terpuji

4.1

Menjelaskan pengertian taubat dan raja

4.2

Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja

4.3

Membiasakan perilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari

 


 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 

Fiqih

 

 

5.     Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah

5.1

Menjelaskan azas-azas transaksi ekonomi dalam Islam

5.2

Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam

5.3

Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari

 

Tarikh dan Kebudayaan Islam

 

 

6.     Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan (1250 – 1800)

6.1

Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan

6.2

Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan

 

       

 

 

 

 

 

 

 

 


Kelas XI, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

 

 

7.     Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

7.1

Membaca QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27

7.2

Menjelaskan arti QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27

 

 

 

7.3

Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan Shad: 27

 

Aqidah

 

 

8.     Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah

8.1

Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah

8.2

Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah

 

Akhlak

 

 

9.     Membiasakan perilaku terpuji

9.1

Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain

9.2

Menampilkan contoh perilaku menghargai karya orang lain

9.3

Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari

 

10.   Menghindari perilaku tercela

10.1

Menjelaskan pengertian dosa besar

10.2

Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar

10.3

Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari

 


 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 

Fiqih

 

 

11.   Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah

11.1

Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah

11.2

Memperagakan tatacara pengurusan jenazah

 

 

 

12.   Memahami khutbah, tabligh dan dakwah

12.1

Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh dan dakwah

12.2

Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh dan dakwah

12.3

Memperagakan khutbah, tabliqh dan dakwah

 

Tarikh dan Kebudayaan Islam

 

 

13.   Memahami perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)

 

13.1

Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern

13.2

Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern

       


Kelas XII, Semester 1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

 

 

1.     Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang anjuran bertoleransi

1.1

Membaca QS. al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29

1.2

Menjelaskan arti QS. al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29

 

 

 

1.3

Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS al Kafiiruun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29

 

2.     Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang etos kerja

2.1

Membaca QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10

2.2

Menjelaskan arti QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10

2.3

Membiasakan perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10

 

Aqidah

 

 

3.     Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir

3.1

Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir

3.2

Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir

3.3

Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari

 

Akhlaq

 

 

4.     Membiasakan perilaku terpuji

4.1

Menjelaskan pengertian adil, ridha dan amal shaleh

4.2

Menampilkan contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh

4.3

Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari

 


 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Fiqih

 

 

5.     Memahami Hukum Islam tentang Hukum Keluarga

5.1

Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam

5.2

Menjelaskan hikmah perkawinan

 

5.3

Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia

 

Tarikh dan Kebudayaan Islam

 

 

6.     Memahami perkembangan Islam di Indonesia

6.1

Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia

6.2

Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia

6.3

Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia

 

 


Kelas XII, Semester 2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

 

 

7.     Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang pengembangan IPTEK

7.1

Membaca QS. Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164

7.2

Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164

 

 

 

7.3

Melakukan pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164

Aqidah

 

 

8.     Meningkatkan keimanan kepada Qadha’ dan Qadhar

8.1

Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada Qadha’ dan Qadar

8.2

Menerapkan hikmah beriman kepada Qadha’ dan Qadhar

 

Akhlaq

 

 

9.     Membiasakan perilaku terpuji

9.1

Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan

9.2

Menampilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan

9.3

Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan

 

10.   Menghindari perilaku tercela

10.1

Menjelaskan pengertian Isyrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah

10.2

Menjelaskan contoh perilaku Isyrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah

10.3

Menghindari perilaku Isyrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah dalam kehidupan sehari-hari

 

Fiqih

 

 

11.   Memahami Hukum Islam tentang Waris

11.1

Menjelaskan ketentuan hukum Waris

11.2

Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum Waris

 


 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

 

Tarikh dan Kebudayaan Islam

 

 

12.   Memahami perkembangan Islam di dunia

12.1

Menjelaskan perkembangan Islam di dunia

12.2

Menampilkan contoh perkembangan Islam di dunia

12.3

Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia

       

 

 

E. Arah Pengembangan

 

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

 

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk madrasah dikembangkan lebih lanjut oleh Departemen Agama.

About these ads

16 Tanggapan

  1. assalamu alaikum wr. wb.
    kami mengucapkan terima kasih pada bapak karena telah memuat SK dan KD PAI SMA ini di blog bapak sehingga memudahkan kami memperoleh SK dan KD PAI tersebut.
    saya seorang guru PAI SD, sekarang ini saya study S2 di IAIN Walisongo. sebagai bahan tesis saya butuh SK dan KD PAI SMA ini. ternyata saya menemukannya di blog bapak. sekali lagi saya sampaikan terima kasih. semoga Allah membalas jasa bapak. amin.
    wassalamu alaikum wr. wb.

  2. syukron pak. ^o^

  3. Terimakasih atas dimuatnya SK/KD SMA yang membatu saya menganalisa PAI SMA sebagai tugas materi kuliah di Magister studi Islam UMM :-)

  4. assalmkm…..mohon izinnya untuk mendownload SK,KD. dan trima kasih dah memuatnya….

  5. trimakasih pak… sy tmukan SK KD dSMA dr bapak…. in sbagai bahan proposal S1 sy… Mgkin kurang lengkap krna sbenar ny sy perlu ciri2 pen agm islam d SMA…, tp Sukran bwt blog ini pakkk……

  6. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Syukron Lillah dan trms Pak Aprianto semoga sukses selalu buat Bpk dan klrg.

  7. Assalaamu’alaikum Wr. Wb.
    Mohon izin mengutip pak, Makasih atas izinnya, semoga bermanfaat dan jadi amal jariyah pak. Amiin. Numpang tanya dikit pak, kalo mau mempublikasikan blog kita ke lit google, gimana caranya pak? Makasih banyak jawabannya. Kalau tidak keberatan mohon jawabannya diemailkan. Makasih pak

  8. makasish

  9. trims banget

  10. trimk banyak
    Jazakalallah
    Izin Ambil ya!

  11. trimakasih y pak Aprianto, saya minta izinny buat mendwonloadnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: