SK dan KD PAI SD

A.    Latar Belakang

Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.

 

Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai dengan jenjang persekolahan  yang secara nasional ditandai dengan ciri-ciri:

 

  1. lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan materi;
  2. mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
  3. memberiklan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran seauai dengan kebutuhan dan ketersedian sumber daya pendidikan.

 

Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul  dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global.

 

Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak beraturan. Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.

 

B.  Tujuan

Pendidikan Agama Islam di SD/MI bertujuan untuk:

1.      menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;

2.      mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama  dan berakhlak mulia  yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.

 

C.  Ruang Lingkup

Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

  1. Al-Qur’an dan Hadits
  2. Aqidah
  3. Akhlak
  4. Fiqih
  5. Tarikh dan Kebudayaan Islam

Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.

 


D. Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar

 

Kelas I, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

 

1. Menghafal Al Qur’an surat pendek pilihan

1.1  Melafalkan QS Al-Fatihah dengan lancar

1.2  Menghafal QS Al-Fatihah dengan lancar

 

Aqidah

 

2. Mengenal Rukun Iman

2.1 Menunjukkan ciptaan Allah SWT melalui ciptaan-Nya

2.2 Menyebutkan enam Rukun Iman

2.3 Menghafal enam Rukun Iman

 

Ahlak

 

3. Membiasakan perilaku terpuji

3.1 Membiasakan perilaku jujur

3.2 Membiasakan perilaku bertanggung jawab

3.3 Membiasakan perilaku hidup bersih

3.4 Membiasakan perilaku disiplin

 

Fiqih

 

4. Mengenal tatacara bersuci (thaharah)

4.1 Menyebutkan pengertian bersuci

4.2  Mencontoh tatacara bersuci

 

5. Mengenal Rukun Islam

5.1 Menirukan ucapan Rukun Islam

5.2 Menghafal Rukun Islam

 

 


 

Kelas I, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

 

6. Menghafal Al Qur’an surat-surat pendek pilihan

6.1  Menghafal QS Al-Kautsar dengan lancar

6.2  Menghafal QS An-Nashr dengan lancar

6.3  Menghafal QS Al-‘Ashr dengan lancar

 

Aqidah

7. Mengenal dua kalimat syahadat

 

7.1  Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul

7.2  Menghafal dua kalimat syahadat

7.3  Mengartikan dua kalimat syahadat

 

Akhlak

8. Membiasakan perilaku terpuji

 

8.1  Menampilkan perilaku rajin

8.2  Menampilkan perilaku tolong-menolong

8.3  Menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua

8.4  Menampilkan adab makan dan minum

8.5  Menampilkan adab belajar

 

Fiqih

9. Membiasakan bersuci (thaharah) 

 

9.1  Menyebutkan tata cara berwudlu

9.2  Mempraktekkan tata cara berwudlu

 

 

 


Kelas II, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

1. Menghafal Al Qur’an

 

 

1.1  Mengenal huruf Hijaiyah

1.2  Mengenal tanda baca (harakat)

Aqidah

2. Mengenal Asmaul Husna

 

2.1  Menyebutkan lima  dari Asmaul Husna

2.2  Mengartikan lima  dari Asmaul Husna

 

Akhlak

3. Mencontoh perilaku terpuji

 

3.1  Menampilkan perilaku rendah hati

3.2  Menampilkan perilaku hidup sederhana

3.3  Menampilkan adab buang air besar dan kecil

 

Fiqih

4. Mengenal tatacara wudhu

 

4.1  Membiasakan wudhu dengan tertib

4.2  Membaca do’a setelah berwudlu

 

5. Menghafal bacaan shalat

5.1  Melafalkan bacaan shalat

5.2  Menghafal bacaan shalat

 

 


Kelas II, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

6. Membaca Al Qur’an surat pendek pilihan

 

6.1  Membaca huruf hijaiyah bersambung

6.2  Menulis huruf hijaiyah bersambung

 

Aqidah

7. Mengenal Asmaul Husna

 

7.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna

7.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna

 

Akhlak

8. Membiasakan perilaku terpuji

 

8.1  Mencontohkan perilaku hormat dan santun kepada guru

8.2  Menampilkan perilaku sopan dan santun kepada tetangga

 

Fiqih

9. Membiasakan shalat secara tertib

 

9.1 Mencontoh gerakan shalat

9.2 Mempraktekkan shalat secara tertib

 


Kelas III, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

1. Mengenal kalimat dalam Al Qur’an

 

1.1  Membaca kalimat dalam Al Qur’an

1.2  Menulis kalimat dalam Al Qur’an

 

Aqidah

2. Mengenal sifat wajib Allah

 

2.1 Menyebutkan lima sifat wajib Allah

2.2 Mengartikan lima sifat wajib Allah

Akhlak

3. Membiasakan perilaku terpuji

 

3.1 Menampilkan perilaku percaya diri

3.2 Menampilkan perilaku tekun     

3.3 Menampilkan perilaku hemat

 

Fiqih

4.  Melaksanakan shalat dengan tertib

 

1.1  Menghafal bacaan shalat

1.2  Menampilkan keserasian gerakan dan bacaan shalat

 

 


Kelas III, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

5. Mengenal ayat-ayat Al Qur’an

 

5.1  Membaca huruf  Al Qur’an

5.2  Menulis huruf Al Qur’an

 

Aqidah

6. Mengenal sifat mustahil Allah

 

6.1  Menyebutkan sifat mustahil Allah SWT

6.2  Mengartikan sifat mustahil Allah SWT

Akhlak

7. Membiasakan perilaku terpuji

 

7.1 Menampilkan perilaku setia kawan

7.2 Menampilkan perilaku kerja keras

7.3 Menampilkan perilaku penyayang terhadap hewan

7.4 Menampilkan perilaku penyayang terhadap lingkungan

 

Fiqih

8. Melakukan shalat fardhu

 

8.1 Menyebutkan shalat fardhu

8.2 Mempraktikkan shalat fardhu

 


Kelas IV, Semester 1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

1.  Membaca surat-surat Al Qur’an

 

1.1 Membaca QS Al-Fatihah dengan lancar

1.2 Membaca QS Al-Ikhlas dengan lancar

Aqidah

2.  Mengenal sifat jaiz   Allah SWT

 

2.1  Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT

2.2  Mengartikan sifat jaiz Allah SWT

 

Tarikh

3. Menceritakan kisah Nabi

 

3.1  Menceritakan kisah Nabi Adam AS

3.2 Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW

3.3 Menceritakan perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW

 

Akhlak

4. Membiasakan perilaku terpuji

 

4.1 Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS

4.2 Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW

Fiqih

5.  Mengenal ketentuan-ketentuan shalat

 

5.1 Menyebutkan rukun shalat

5.2 Menyebutkan sunnat shalat

5.3 Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat

5.4 Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat

 


Kelas IV, Semester 2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

6.  Membaca surat-surat Al Qur’an

 

6.1 Membaca QS Al-Kautsar dengan lancar

6.2 Membaca QS An-Nashr dengan lancar

6.3 Membaca QS Al-‘Ashr dengan lancar

 

Aqidah

7.  Mengenal Malaikat dan tugasnya

 

7.1  Menjelaskan pengertian Malaikat

7.2  Menyebutkan nama-nama Malaikat

7.3  Menyebutkan tugas-tugas Malaikat

 

Tarikh

8.  Menceritakan kisah Nabi

 

8.1  Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS

8.2  Menceritakan kisah Nabi Ismail AS

 

Akhlak

9. Membiasakan perilaku terpuji

 

9.1  Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS

9.2  Meneladani Nabi Ismail AS

 

Fiqih

10.  Melaksanakan dzikir dan do’a

 

10.1         Melakukan dzikir setelah shalat

10.2         Membaca do’a setelah shalat

 


Kelas V, Semester 1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

1. Mengartikan  Al Qur’an surat pendek pilihan

 

1.1    Membaca QS Al-Lahab dan Al-Kafirun

1.2    Mengartikan QS Al-Lahab dan Al-Kafirun

 

Aqidah

2.  Mengenal kitab-kitab Allah SWT

 

2.1  Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT

2.2  Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT

2.3  Menjelaskan Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir

 

Tarikh

3. Menceritakan kisah Nabi

 

3.1  Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS

3.2  Menceritakan kisah Nabi Musa AS

3.3  Menceritakan kisah Nabi Isa AS

 

Akhlak

4. Membiasakan perilaku terpuji

 

4.1  Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS

4.2  Meneladani perilaku Nabi Musa AS

4.3  Meneladani perilaku Nabi Isa AS

 

Fiqih

5.  Mengumandangkan adzan dan iqamah

 

5.1  Melafalkan lafal adzan dan iqamah

5.2  Mengumandangkan adzan dan iqamah

 

 


Kelas V, Semester 2

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

6. Mengartikan Al Quran Surat pendek pilihan

 

6.1 Membaca QS Al-Maun dan Al-Fiil

6.2 Mengartikan QS Al-Maun dan Al-Fiil

 

Aqidah

7. Mengenal Rasul- Rasul Allah SWT

 

7.1  Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT

7.2  Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi  dari para Rasul

7.3  Membedakan Nabi dan Rasul

 

Tarikh

8.  Menceritakan kisah Sahabat Nabi

 

8.1  Menceritakan kisah Khalifah Abubakar RA

8.2  Menceritakan kisah Umar bin Khattab RA

 

Akhlak

9.  Membiasakan perilaku terpuji

 

9.1  Meneladani perilaku Khalifah Abubakar RA

9.2  Meneladani perilaku Umar bin Khattab RA

 

Fiqih

10. Mengenal puasa wajib

 

10.1    Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadhan

10.2     Menyebutkan hikmah puasa

 

 


Kelas VI, Semester 1

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

1. Mengartikan Al Qur’an Surat pendek pilihan

 

1.1  Membaca QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5

1.2  Mengartikan QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5

 

Aqidah

2. Meyakini adanya  Hari Akhir

 

2.1 Menyebutkan nama-nama Hari Akhir

2.2 Menjelaskan tanda-tanda Hari Akhir

 

Tarikh

3. Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah Al Kadzab

 

3.1  Menceritakan perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal

3.2  Menceritakan perilaku Musailamah Al Kadzab

 

Akhlak

4. Menghindari perilaku tercela

 

4.1  Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal

4.2  Menghindari perilaku bohong seperti Musailamah Al Kadzab

 

Fiqih

5. Mengenal ibadah pada bulan Ramadhan

 

5.1  Melaksanakan tarawih di bulan Ramadhan

5.2  Melaksanakan tadarrus Al-Qur’an

 

 


Kelas VI, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al Qur’an

6.  MengartikanAl Quran Ayat-ayat pilihan

 

6.1 Membaca QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13

6.2 Mengartikan QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13

 

Aqidah

7. Meyakini adanya Qadha dan Qadar

 

7.1 Menunjukkan contoh-contoh Qadha dan Qadar

7.2 Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar

 

Tarikh

8. Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Anshar

 

8.1  Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin

8.2  Menceritakan perjuangan kaum Anshar

 

Akhlak

9. Membiasakan perilaku terpuji

 

9.1  Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik

9.2  Meneladani perilaku tolong-menolong kaum Anshar dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik

 

Fiqih

10. Mengetahui kewajiban zakat

 

10.1     Menyebutkan macam-macam zakat

10.2     Menyebutkan ketentuan zakat fitrah

 

E.   Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

 

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk madrasah dikembangkan lebih lanjut oleh Departemen Agama.

About these ads

12 Tanggapan

  1. Assalamu’alaikum.
    Mohon bantuan kirimi saya contoh perhitungan KKM PAI SD Kelas 1 s/d 6.
    Terimaksih sekali atas bantuannya.

  2. Walaikum salam

    Insya Allah saya coba ya… silakan dilihat pada bahan ajar untuk menetapkan KKM

    Terima kasih.

    Wassalam

  3. SK dan KD sudah good hanya indikator yang belum dilampirkan thanks

    • Bapak atau ibu yth.
      Tentang Indikator, dalam konsep KTSP, indikator dibuat oleh Guru, justru itu, silakan ibu buat dg bagus indikatornya.
      Terima kasih. Sarannya

  4. Terima kasih… SD dan KD anda sangat membantu saya..

  5. buksnnys ini emang ketentuAN dari dikNs??

  6. terima kasih saya telah mengkopi skkd ini, bagaimana cara buka web sendiri pak, kalau boleh sekalian contoh rpp Painya.

  7. terima kasih atas bantuannya

  8. tolong, kirim pedoman pengiisian kkm pai sd

  9. terimah kasih pak,,,benar2 alumni pai. hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: